Sejarah SMPN 15 Yogyakarta
Sejarah SMP Negeri 15 Yogyakarta diawali dengan berdirinya “AMBACHTSLEERGANG” pada era penjajahan Belanda. Selanjutnya, pada tahun 1975 beberapa Sekolah Teknik (ST) bergabung menjadi ST 7 dan ST 8 yang dipimpin oleh seorang kepala sekolah bernama Bapak Muslam.
Sekolah Teknik 7 berpindah ke luar kota menjadi Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sekolah Teknik 8 tetap berada di Jalan Tegal Lempuyangan 61 dengan program keterampilan Logam, Bangunan, dan Listrik.
Tanggal 5 Oktober 1994, ST 8 beralih fungsi menjadi SMP Negeri 19 Yogyakarta. Pada tahun 1997, berubah menjadi SLTP Negeri 15 Yogyakarta. Tahun 2000, istilah SLTP diubah menjadi SMP Negeri 15 Yogyakarta, hingga sekarang.
Visi SMPN 15 Yogyakarta
“RELIGIUS, BERPRESTASI, PEDULI , DAN BERWAWASAN IPTEK”
Indikator visi :
- Insan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME serta berakhlak mulia.
- Lulusan yang berprestasi akademik dan non akademik.
- Sekolah ramah anak, adiwiyata, responsif gender, dan Sekolah Siaga Kependudukan.
- Unggul dalam pengembangan dan pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
Misi SMPN 15 Yogyakarta
- Memantapkan penghayatan dan pengamalan agama.
- Melaksanakan pembiasaan budi pekerti luhur/akhlak mulia bagi seluruh warga sekolah
- Membina peserta didik unggul dalam prestasi akademis dan non-akademis
- Menerapkan inovasi pembelajaran, proses pembelajaran berdiferensiasi, dan proses pembelajaran berbasis teknologi
- Mewujudkan kepedulian sosial melalui pembentukan sikap toleransi, anti kekerasan, dan keseimbangan gender
- Menyiapkan peserta didik menjadi generasi penerus yang berkualitas
- Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, sehat, hijau, dan asri berlandaskan kearifan lokal
- Meningkatkan kepedulian dan partisipasi seluruh warga sekolah terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah.
Tujuan SMPN 15 Yogyakarta
-
Tujuan Umum
Meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, keterampilan hidup mandiri, dapat mengikuti pendidikan lebih lanjut, serta memiliki tanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan.
-
Tujuan Khusus
- Memfasilitasi Praktik kegiatan Ibadah sesuai agama yang dianut.
- Mengimplementasikan pendidikan karakter untuk menumbuhkan budi pekerti luhur / ahlak mulia melalui praktik pembiasaan, pembelajaran dan kegiatan khusus.
- Memperoleh Prestasi Non Akademik O2SN & FLS2N, MTQ tingkat Provinsi
- Mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi, penggunaan media dan metode yang aktif, kreatif serta menyenangkan
- Terbentuknya suasana sekolah yang kondusif, anti perundungan baik fisik maupun mental
- Terbentuknya suasana sekolah yang aman, nyaman dan responsif gender
- Mengimplementasikan muatan kependudukan dalam pembelajaran untuk membentuk generasi penerus yang berkualitas
- Mengatur lingkungan sekolah menjadi lingkungan yang bersih, sehat, hijau, dan asri sehingga nyaman untuk belajar
- Memperoleh prestasi sebagai sekolah sehat dan sekolah adiwiyata di tingkat provinsi
- Mengembangkan inovasi pembelajaran dan pembelajaran berdiferensiasi dengan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi