SMP Negeri 15 Yogyakarta menggelar kegiatan Workshop Administrasi Guru pada Kamis (31/7) bertempat di Ruang Guru. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menyusun serta mengelola administrasi pembelajaran pada semester 1 tahun pelajaran 2025/2026. Acara yang berlangsung pukul 12.30 hingga 15.00 WIB ini diawali dengan presensi peserta dan makan siang bersama yang diatur oleh tim panitia. Setelah itu, kegiatan resmi dibuka oleh pembawa acara, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.
Workshop kali ini membahas pentingnya administrasi pembelajaran yang terstruktur dan efektif untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Administrasi pembelajaran adalah salah satu pondasi yang memastikan kegiatan belajar mengajar berjalan lancar dan terukur. Melalui administrasi yang baik, diharapkan guru bisa memfokuskan diri pada peningkatan kualitas pembelajaran. Selanjutnya, workshop dilanjutkan dengan materi penyusunan Program Tahunan (Prota), Program Semester (Prosem), dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang disampaikan oleh Rimawati, S.Pd., M.Pd. Peserta tampak antusias mengikuti penjelasan mengenai penyusunan dokumen administrasi sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Sesi berikutnya berfokus pada perencanaan pembelajaran yang diampu oleh Nurbowo Budi Utomo, M.Psi., para peserta aktif berdiskusi, menyampaikan pengalaman, dan bertanya terkait materi Inkuiri yang dipaparkan. Materi ini dinilai sangat bermanfaat, karena membantu guru memetakan kebutuhan belajar peserta didik secara lebih tepat dan menyeluruh. Setelah rangkaian penyampaian materi, acara ditutup pukul 15.00 WIB oleh pembawa acara, dengan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta dan narasumber yang telah berkontribusi aktif.
Melalui kegiatan workshop ini, diharapkan guru SMP Negeri 15 Yogyakarta semakin memahami pentingnya dokumen administrasi pembelajaran sebagai bagian dari profesionalisme pendidik. Dengan demikian, pembelajaran di semester 1 tahun pelajaran 2025/2026 dapat berlangsung lebih tertata, terukur, dan berdampak positif bagi peserta didik. (Erika)