Selasa, 10 November 2020

UJICOBA SOAL ASESMEN NON AKADEMIK

     



    Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta melaksanakan Ujicoba Soal Asesmen Non Akademik (ANA) yang diikuti oleh 20 sekolah yang ada di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Bantul. SMP Negeri 15 Yogyakarta menjadi salah satu peserta Ujicoba Soal Asesmen Non Akademik yang dilaksanakan pada Selasa, 10 November 2020 di Lab TIK SMP Negeri 15 Yogyakarta pukul 10.30-12.30 WIB. Sebanyak 44 peserta yang terdiri dari 20 perserta didik kelas VIII, 20 peserta didik kelas IX, dan 4 guru mata pelajaran yaitu Matematika, IPA, Bahasa Indonesia, dan Bimbingan Konseling. 

    Ujicoba Soal Asesmen Non Akademik merupakan bentuk asesmen yang bertujuan untuk mengukur kemampuan non akademik siswa dalam hal kemandirian, kemampuan berfikir kritis dan kreatif, berakhlak mulia, bersikap terbuka terhadap perbedaan dan menjadikan kemajemukan sebagai kekuatan untuk hidup bergotong royong. 

    Tujuan dilaksanakannya ujicoba adalah untuk mendapatkan informasi karakteristik butir soal yang sedang dikembangkan dan mengetahui keefektifan pengambilan data diantaranya efektifitas waktu yang diberikan, evaluasi format soal, dan kesiapan jaringan.

    Teknis pelaksanaan Ujicoba Asesmen Soal Non Akademik menggunakan tes berbasis komputer dengan menggunakan flashdisk yang dibawa petugas Pusmenjar. Di dalam flashdisk tersebut terdapat sistem operasi Windows dan aplikasi pelaksanaan tes kemudian komputer server mengakses aplikasi tersebut menggunakan sistem operasi yang terdapat pada flashdisk. 

    Secara keseluruhan, kegiatan berjalan dengan lancar tanpa kendala. Dari segi teknis IT juga tergolong mudah dalam persiapan komputer, perangkat, serta proses menjalankan aplikasinya. Harapannya semoga aplikasi ini dapat semakin dikembangkan menjadi lebih baik, sehingga semakin sempurna dari segi tampilan dan cara kerjanya.