Senin, 05 Oktober 2020

HUT KE-26 SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

    Setiap tanggal 5 Oktober, SMP Negeri 15 Yogyakarta memperingati hari jadinya. Mabelta telah berusia 26 tahun, usia yang cukup matang dalam berkontribusi melahirkan generasi penerus bangsa Indonesia. Dihari jadi yang ke-26 ini, Mabelta memperingatinya dengan sederhana, mengingat Pandemi Covid-19 masih terjadi di Yogyakarta. Namun hal tersebut tidak menghalangi civitas akademika SMP Negeri 15 Yogyakarta untuk membuat konsep acara yang bermakna. 

    Sejak bulan September panitia telah menggandeng Ibu Ani Rahmawati selaku koreografer sekaligus guru Seni Budaya dibantu ibu Suryani selaku guru Seni Budaya untuk membuat sebuah persembahan tari kolosal "Nyawiji Nagariku" yang ditarikan oleh guru dan karyawan Mabelta.  Maksud karya Tari Kolosal "Nyawiji Nagariku" yaitu menyampaikan pada masyarakat luas di seluruh Indonesia dimana kita bersatu suka cita dalam menghadapi pandemi yang sedang melanda dunia.Di dalam karya tari tersebut  dikemas dalam bentuk medley karya tari Nusantara dalam satu konsep dengan judul Nyawiji Nagariku dimana ragam gerak yang dipakai berpijak pada beberapa gerak khas tarian daerah yang dikembangkan sendiri seperti BALI, KALIMANTAN, SUMATERA, dan JAWA. Seluruh penari sudah mengikuti protokol kesehatan dengan menggunakan face shield masa pandemi Covid-19.

    Selain itu tak lupa Mabelta mengadakan bakti sosial, membantu siswa, rekan, maupun warga sekitar yang membutuhkan. Harapannya, semoga kebahagiaan ini tidak hanya dirasakan oleh internal Mabelta tetapi juga dirasakan oleh masyarakat sekitar. 

    Dan di puncak acara, Mabelta mengadakan upacara bendera dengan inspektur upacara Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Agar upacara tetap dapat disaksikan oleh siswa, pihak panitia mempersiapkan live streaming melalui channel youtube SMP Negeri 15 Yogyakarta. Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng, pelepasan burung merpati, bakti sosial, ramah tamah, penampilan kelompok Karawitan "Hayuning Wiyata" Guru dan Karyawan SMP Negeri 15 Yogyakarta, dan penampilan Tari Kolosal "Hayuning Nagariku" yang ditarikan oleh Guru dan Karyawan SMP Negeri 15 Yogyakarta. Di usia yang ke-26 ini semoga SMP Negeri 15 Yogyakarta semakin sukses dalam melahirkan generasi penerus bangsa yang berbudaya berdasarkan iman dan ilmu serta berwawasan lingkungan.

    Bagi alumni dan siswa mabelta yang ingin menyaksikan tayangan ulang Upacara Peringatan HUT ke-26 SMP Negeri 15 Yogyakarta dan penampilan guru/karyawan dalam Tari Kolosal "Nyawiji Nagariku", Anda dapat menyaksikan pada channel Youtube SMP Negeri 15 Yogyakarta. Selamat menyaksikan dan dirgahayu Mabelta!